Perkembangan Teknologi Jaringan Seluler

Teknologi jaringan seluler di Indonesia saat ini telah memasuki era 4G, namun tidak sedikit pula teknologi seluler yang masih menggunakan jaringan 3G bahkan 2G. Jaringan ini memang selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa dan akan selalu dikembangkan seiring dengan semakin canggihnya teknologi seluler di seluruh belahan dunia. Setiap era perkembangan ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari jaringan 1G yang kini sudah tidak digunakan lagi hingga teknologi $G yang kini sedang diterapkan di seluruh belahan dunia sebagai teknologi jaringan terbaru.

Perbedaan Teknologi Jaringan Seluler Dari Masa Ke Masa

Teknologi-Jaringan-Seluler-2017

teknologi 1G merupakan teknologi jaringan seluler pertama yang dikenal oleh dunia dengan sinyal analognya. Teknologi 1G ini berkembang di tahun 70-80 an, namun tidak seperti jaringan teknologi sekarang, karena teknologi jaringan ini hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi lewat suara saja atau hanya terbatas pada layanan telepon dan diiringi dengan penggunaan telepon genggam pada kala itu.

Sedikit lebih maju pada era teknologi jaringan seluler2G yang baru diperkenalkan pada tahun 90-an ini, teknologi jaringan yang awalnya menggunakan sinyal analog dikembangkan menjadi sinyal digital seiring semakin berkembangnya teknologi dan semakin meningkatnya pengguna telepon seluler di seluruh dunia. Terlebih pada era ini SMS atau pesan singkat dan pesan bergambar mulai diperkenalkan. Tak hanya itu pada teknologi 2G ini juga didukung dengan teknologi layanan suara yang lebih baik dan disertai dengan dukungan akses data yang dikenal dengan jaringan 2G EDGE yang memiliki kecepatan akses data hingga 1 Mbps.

Dan pada tahun 1998 teknologi jaringan ke tiga 3G mulai diperkenalkan. Teknologi jaringan ini sudah terbilang cukup sempurna pasalnya selain para pengguna dapat menggunakan layanan telepon, pesan singkat dan pesan bergambar juga dapat mengakses jaringan internet dengan koneksi yang lebih cepat tanpa menggunakan kabel data. teknologi jaringan ini merupakan teknologi awal dari mobile broadband yang mendukung transfer audio, gambar dan video yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan streaming ataupun video call.

Dan yang terakhir adalah teknologi 4G terbaru yang dikenal dengan jaringan 4G LTE. Hingga saat ini teknologi 4G LTE diklaim sebagai teknologi jaringan tercepat dengan kecepatan download yang mencapai 100 Mbps dan kecepatan upload yang mencapai 50 Mbps. Namun kecepatan ini dirasa belum maksimal, karena untuk standar 4G harus didukung dengan kecepatan download hingga 500 Mbps. Sehingga masih perlu disempurnakan untuk mencapai kapasitas maksimalnya. Sementara itu di Indonesia, teknologi jaringan ini telah digunakan oleh beberapa operator seluler terkemuka meskipun teknologinya masih sangat terbatas. Demikianlah informasi terkait perkembangan teknologi jaringan seluler yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (Baca juga: Smartphone Sensor Sidik Jari yang terbaik)

Harga dan Spesifikasi HP Terbaru:

  • perkembangan jaringan seluler
  • perkembagan jaringan seluler
  • sejarah lengkap perkembangan jaringan seluler
  • sebutkan jaringan seluler
  • perkembangan jaringan seluler beserta gambar
  • teknologi seluler
  • perkembangan teknologi jaringan data
  • perkembangan seluler
  • sejarah jaringan seluler
  • teknologi jaringan seluler
Perkembangan Teknologi Jaringan Seluler | tekno | 4.5