Perkembangan Komputer Generasi Pertama Ke Generasi Baru

komputer-generasi-pertamaDari masa ke masa jika di perhatikan, komputer memang mengalami perkembangan yang sangat pesat terlebih jika di lihat dari komputer generasi pertama yang memiliki bentuk model lebih rumit di banding dengan komputer yang ada saat ini yang bahkan mudah untuk di bawa kemana mana. Pada awalnya, komputer di buat dengan fungsi untuk memudahkan melakukan perhitungan aritmatika dan tidak di sadari jika saat ini komputer telah dapat di gunakan untuk berbagai macam aktifitas. Saat ini memang sudah banyak yang tahu peran dari fungsi komputer, namun hanya sedikit saja yang tahu bagaimana perkembangan komputer generasi pertama hingga ke generasi baru di saat ini. Untuk anda yang ingin menambah wawasan luas akan komputer, maka simak informasi di bawah berikut ini.

Penemuan Komputer Generasi Pertama

Charles Babbage adalah seseorang yang menemukan komputer untuk yang pertama kalinya. Karena kecerdasan dan kemampuan logikanya dalam bidang matematika menjadikan charles babbage mampu membuat mesin pintar yang di beri nama dengan sebutan Analytical Engine di tahun 1882. Mesin ini memiliki fungsi sebagai alat untuk menghitung. Kemudian berikutnya di susul dengan John V. Atanasoff yang merancang komputer ABC di tahun 1937 dan di resmikan sebagai komputer elektronila yang pertama. Berikutnya ada John Mauchly dan juga J. Presper Eckert yang menciptakan ENIAC atau El electronic Numerical Integrator and computer. Komputer ini di rancang dengan kerjasama antara amerika serikat dengan universitas dari Pennsylvania. Hanya sedikit orang yang tahu akan sejarah penemuan komputer generasi pertama ini.

Sejarah Komputer Generasi Pertama

Komputer generasi pertama di temukan pada tahun 1940 – 1959 yang pada saat itu komputer ini di beri sebutan komputer dinosaurus. Hal ini di karenakan ukuran fisiknya yang sangat besar dan hanya orang ahli saja yang dapat menjalankan komputer jenis ini karena di kenal sangat sulit dan juga daya komputasinya yang di kenal sangat lambat. Adapun komponen elektronikanya di buat dari tabung hampa atau vacum tube kemudian program di buat dengan menggunakan bahasa mesin yaitu kode 0 dan kode 1 yang kemudian akan di simpan pada memori komputer. Kelemahan komputer generasi pertama yaitu ukurannya yang besar hanya dapat di muat pada ruangan luas dan lebar saja. satu komputer saja memerlukan AC pendingin dengan jumlah yang banyak. Proses kerja komputer masih lambat dan kapasitas penyimpanan masih kecil. Komputer ini di produksi oleh pabrik UNIVAC, IBM, HONEYWELL, dan BURROGHS.

Kemudian komputer generasi yang kedua muncul pada tahun 1960 yang mana jenis komputer ini telah banyak di gunakan oleh beberapa perusahaan. Ukuran komputer generasi kedua ini sudah lebih kecil dari yang sebelumnya yaitu seukuran lemari. Di tahun ini, pengguna sudah banyak yang paham dengan memori, printer, disket, dan sistem operasi.

Pada generasi ini, komponen elektronikanya sudah menggunakan transistor dan program di buat dengan menggunakan bahasa assembly, formula translator atau fotran dan algol serta common bussines oriented atau cobol. Untuk penyimpanan data telah menggunakan magnetik disk dan tape. Berikutnya yaitu komputer generasi ketiga yang muncul pada tahun 1965 – 1971. Pada komputer ini telah menggunakan komponen elektronika IC atau integrated circut yang menyerupai chip, program yang di buat menggunakan bahasa basic, fortran, dan cobol.

Itulah perkembangan dari komputer generasi pertama ke generasi yang ketiga, tidak hanya itu saja, komputer juga terus memiliki generasi terbaru pada setiap masanya. Bagi anda yang kini hobi memainkan komputer dan hanya tahu fungsi gunanya saja maka dengan ulasan kali ini anda sudah belajar sedikit dari sejarah dan perkembangan akan komputer ini. (Baca juga teknologi lainnya: Mengetahui Tentang Komputer Terapan)

Perkembangan Komputer Generasi Pertama Ke Generasi Baru | tekno | 4.5