Mengetahui Perkembangan komputer Generasi Keempat

contoh-komputer-generasi-keempat-adalahComputer mengalami beberapa tahap perkembangan hingga sekarang telah menjadi computer yang sangat canggih dengan berbagai fasilitas yang di sediakan untuk anda. Maka dari itu, untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana sejarah perkembangan computer dari masa ke masa maka dalam artikel ini akan di jelaskan lebih lanjut tentang perkembangan dan penemuan computer yang terjadi pada generasi keempat yaitu sekitar tahun 1970 sampai 1980. komputer generasi keempat ini merupakan lanjutan dari computer generasi ketiga pada tahun sebelumnya.

Dua perkembangan komputer generasi keempat

Sebagaimana telah di jelaskan bahwa komputer generasi keempat merupakan lanjutan dari computer generasi ketigayang mana pada saat itu perkembangan computer di tandai dengan adanya penemuan IC.Namunpada komputer generasi keempat ini, dapat di lihat bahwa IC yang di temukan lebih kompleks dan terintegrasi di bandingkan dengan generasi sebelumnya.Tahun generasi ketiga ini terdapat dua perkembangan computer yaitu dengan adanya penggunaan LSI (large scale integration atau yang di sebut juga sebagai bipolar large large scale.

LSI itu sendiri merupakan penyatuan atau pemadatan dari banyak IC, yaitu beribu-ribu IC yang di tempatkan atau di padatkan pada sebuah keeping yang di sebut juga sebagai chip. Istilah chip ini merupakan sebuah lempengan besi yang berbentuk persegi empat yang dapat memuat berbagai banyak rangkaian terpadu IC. Setelah itu, IC kemudian di kembangkan menjadi VLSI atau very large scale integration yang dapat menampung rangkaian, puluhan bahkan ribuan IC.Setelah itu, komputer generasi keempatterdapat perkembangan mikroskoper dan semi kondukter yang di sebut computer mikro yang berbentuk chip yang memori internal yang menggunakan magnetic core storage.

Pada perkembangan komputer generasi keempat, kemudian di temukannya, mikrokomputer 4 chip oleh Microprocessor perusahaan intel pada tahun 1971. Jenis microcomputer ini menggunakan chip processor yang di beri nama 4004 yang di dalamnya terdapat 230 transistor dengan kecepatan 108 KHz yang dapat mengeksekusi 60000 perdetiknya. Kemudian pada tahun 1974, intel kembali memperkenalkan mikrokomputer 8008 dengan 8 bit. Jika sebelumnya mikrokomputer 4004 di rancang untuk untuk memenuhi kebutuhan tertentu, berbeda dengan mikro computer 8008 memiliki kemampuan yang sangat cepat dan canggih dengan set intruksi yang lebih kaya.

Dengan di temukan berbagai penemuan pada computer generasi keempat maka akan sangat berdampak pada penemuan-penemuan selanjutnya. Hal ini dapat dilihat pada computer-komputer yang selalu berkembang secara pesat sebagaimana pada computer generasi keempat 4004 menjadi 8008 sehingga memunculkan penemuan-penemuan baru yang sangat pesat sebagaimana yang kita rasakan sekarang ini. Selain itu, ada beberapa hasil dari computer generasi keempat yang dapat menjadi informasi untuk anda karena walaupun jenis computer ini sudah tidak di gunakan pada saat ini namun jenis computer generasi keempat juga memainkan peranan yang sangat penting pada perkembangan computer di masa sekarang dan yang akan datang.

Contoh-contoh komputer generasi keempat

Adapun untuk contoh-contoh komputer generasi keempat diantaranya adalah IBM 370 apple I dan apple II dan juga Vizicalc altair yang telah menerapkan processor 8080 dengan menggunakan control program for microprocessor dengan menggunakan bahasa basic pemrograman Microsoft basic (beginner allpurpose symbolic instruction code. Hal ini tentunya dapat membedakan antara computer generasi ketiga dengan computer generasi keempat dan hal ini merupakan sebuah catatan bahwa komputer generasi keempat tidak memiliki standar personal PC sebagaimana generasi sebelumnya memiliki standar. (Baca juga sejarah internet lainnya: Yuk Simak, Sejarah Komputer Generasi Ketiga)

Harga dan Spesifikasi HP Terbaru:

  • contoh komputer generasi keempat
  • harga dan contoh komputer generasi keempat
  • pemgertian komputer generasi keempat
Mengetahui Perkembangan komputer Generasi Keempat | tekno | 4.5