Mengetahui Komputer Generasi Kedua Melalui Sejarah

komputer-generasi-kedua-menggunakan-bahasa-pemrogramanPerkembangan komputer dijaman sekarang memang sudah sangat pesat.Hal itu bisa diketahui bagaimana produk-produk komputer yang telah beroperasi memiliki berbagai jenis spesifikasi yang mampu memberikan kenyamanan pada seseorang dalam kehidupan sehari-hari.Akan tetapi, tahukah anda bahwa dulu komputer tidak secanggih seperti yang sekarang anda pegang.Karena komputer telah mengalami evolusi yang sangat mengesankan dalam tehnologi.Anda bisa melihat bagaimana komputer generasi keduaberkembang sampai sekarang. Mengetahui perkembangan komputer akan sangat berguna untuk anda bagaimana anda bisa memaksimalkan kerja komputer pada kehidupan anda sehari-hari.

Bagaimana sejarah komputer generasi kedua: awal tercipta

Tepatnya pada tahun 1948 awal perkembangan komputer generasi kedua karena pada saat itu, transistor ditemukan.Penemuan transistor ini merupakan awal berkembangnya sejarah alat-alat elektronik seperti komputer, radio, dan bahkan televisi mengalami system yang lebih baik untuk dijalankan khususnya pada ukuran-ukuran benda tersebut. Dengan kata lain, komputer yang tadinya berukuran besar berubah ke ukuran yang lebih kecil yang mana ukuran tersebut membuat komputer lebih mudah untuk dioperasikan. Selain itu, perkembangan komputer padasaat itu mengalami kemajuan dibanding pada periode pertama karena telah dikembangkan pula memori inti-magnetik sehingga ukuran komputer lebih kecil.

Setelah itu, perkembangan komputer mulai mengalami kemajuan karena pada komputer generasi kedua telah menggunakan mesin yang lebih canggih dari pada jenis komputer pada generasi pertama. Pada generasi kedua ini, mesin yang digunakan disebut superkomputer yang mana dikembangkan oleh Stretch dan Sprery-Rand yang kemudian membuat komputer yang disebut LARC. Komputer ini terjadi pada generasi kedua komputer yang mana memiliki kemampuan yang sangat dibutuhkanoleh peneliti atom.Akan tetapi, mesin LARC pada saat itu sangat mahal dan terlalu kompleks sehingga tidak terlalu popular.

komputer generasi keduapada awal tahun 1960-an

Jika pada tahun-tahun sebelumnya generasi kedua komputer tidak terlalu popular karena harga yang terlalu mahal sehingga para pebisnis kurang yang tertarik untuk berbisnis komputer, maka pada awal tahun 1960-an, mulai bermunculan komputer yang sukses dibidang bisnis. Dengan kata lain, komputer-komputer diperiode kedua pada tahun itu telah mengalami perkembangan yang lebih pesat karena komputer-komputer pada saat itu telah tersebar ke universitas-universitas. Suksesnya komputer pada saat itu tidak lepas dari penggunaan transistor yang telah menyeluruh.Selain itu, komponen-komponen juga sudah bisa diasosiasikan pada komputer pada periode kedua.

Selanjutnya lima tahun berselang sejak tahun 1960, hampir seluruh bisnis-bisnis besar telah memakai generasi komputer yang kedua ini sebagai alat mereka untuk memproses data khususnya informasi keuangan perusahaan.Salah satu contoh penting yang perlu anda ketahui tentang komputer pada tahun tersebut adalah IBM 1401 yang telah diterima oleh semua industry.Selain itu, program yang tersimpan pada komputer tersebut juga termasuk fleksibel khususnya pada bahasa pemrograman.Fleksiblitas tersebut telah meningkatkan kinerja komputer sehingga pada saat itu komputer ini sangat membantu kehidupan sehari-hari dalam perusahaan.

Jika dilihat dari fungsinya, komputer generasi keduapada saat itu hanya digunakan untuk keperluan kolektifitas saja.Artinya, komputer pada saat itu belum digunakan untuk kegiatan individu.Selain itu, bisa dipastikan ukuran dan bentuk komputer pada saat itu juga berbeda dengan ukuran komputer modern yang fleksibel.Akan tetapi, fungsi komputer pada tahun tersebut sangat dibutuhkan oleh perusahaan atau pemerintahan untuk menunjang kegiatan mereka dalam mengatur keuangan untuk perusahaan dan data-data untuk Negara. (Baca juga teknologi lainnya: Perkembangan Komputer Generasi Pertama Ke Generasi Baru)

Harga dan Spesifikasi HP Terbaru:

  • komputer generasi kedua
  • fungsi komputer generasi kedua
  • sejarah generasi kedua
  • apa fungsi komputer dari generasi kedua
  • fungsi dari komputer generasi kedua
  • fungsi komputer generasi 2
  • komputer generasi 2
  • penjelasan komputer generasi kedua
Mengetahui Komputer Generasi Kedua Melalui Sejarah | tekno | 4.5