Mari Simak! Sejarah Internet Dan Intranet Di Dunia

Internet dan intranet memang merupakan salah satu kemajuan di teknologi informatika yang memberikan dambak yang luas bagi masyarakat dunia.walaupun keduanya memiliki perbedaan akan tetapi esensi kerjanya sama dimana yang satu mampu menjangkau lebih luas sedangkan yang satunya merupakan koneksi lokal. Akan tetapi, jika dilihat dari sejarah internet dan intranet anda pasti tidak akan menyangka intenet bisa anda pakai untuk kehidupan sehari-hari karena pada awal ditemukannya internet hanya digunakan untuk kepentingan pemerintahan saja khususnya pada bidang kementrian pertahanan dan militer sebagai alat informasi. Dengan dikembangkannya teknologi dan protocol didalam internet dan intranet, sekarang internet tidak hanya dinikmati oleh pemerintah saja akan tetapi masyarakat dunia pun mampu menggunakan teknologi ini kebutuhan sehari hari mereka.

Sejarah Internet di duniamakalah-sejarah-perkembangan-internet-dan-intranet

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya bahwa perkembangan internet dan intranet berawal dari digunakannya ARPANET oleh militer Amerika untuk mengantisipasi ancaman dari musuh.Kemudian, internet ini mengalami perkembangan dan banyak peminat yang ingin menggunakannya hingga pada tahun 1972.Pada tahun itu pula, internet kemudian dipecah menjadi dua dimana yang satu difungsikan untuk keperluan militer yang disebut MILNET dan yang lainnya digunakan untuk kepentingan non-militer yang disebut dengan ARPANET kecil.Dari pembagian tersebut kemudian muncullah istilah DARPA Internet yang kemudian disebut dengan Internet seperti yang telah kita ketahui sekarang ini.

Bermula dari sana, sejarah internet dan intranet mulai menuai kemajuan yang pesat karena internet tidak hanya digunakan untuk kalangan militer atau pemerintahan akan tetapi internet telah mulai dikomersilkan. Sehingga perkembangan sejarah internet dan intranet mempengaruhi kehidupan masyarakat dunia dimana mereka memanfaatkan teknologi internet untuk alat komunikasi mereka seperti email.Selain itu, internet juga sudah mulai digunakan untuk promosi barang dagangan untuk kehidupan sehari-hari sehingga kebutuhan internet mulai berkembang hingga sekarang ini.

Sejarah intranet di dunia

Seperti internet, intranet atau internal networking juga memiliki perkembangan sejarah internet dan intranet.tidak seperti internet yang mana mulai dirintis sejak tahun 60-an, intranet dimulai sejak tahun 90-an khususnya pada tahun 1995 oleh beberapa penjual produk jaringan yang mana mengacu pada kebutuhan informasi dalam web khususnya perusahaan. Dengan kata lain, sejarah intranet merupakan salah satu perkembangan internet yang dibutuhkan masyarakat pada saat itu untuk lebih memuaskan kehidupan mereka dalam berbisnis. Selain itu, kompatibilitas intranet juga sangat tinggi sehingga mudah untuk dipelajari dan diterapkan masyarakat pada saat itu yang membutuhkan informasi semacam internet.

Jika dilihat dari perkembangan sejarah internet dan intranet, perbedaan internet dan intranet terletak pada penggunaanya. Jika internet digunakan untuk kalangan umum sementara intranet digunakan untuk organisasi atau kelompok tertentu sehingga orang lain tidak bisa memasuki ruang komunikasi mereka. Didalam intranet terdapat beberapa komponen yang dimiliki internet seperti pada aplikasi browser yang mana memiliki internet explorer, opera, mozila firefox, dan netscape. Oleh karena itu, pada dasarnya keduanya itu memiliki persamaan system jaringan akan tetapi penggunaanya berbeda.

Oleh karena itu, sejarah internet dan intranet memiliki persamaan background seperti kebutuhan informasi oleh pengguna.Akan tetapi, dalam sejarahnya internet mengawali untuk kebutuhan perang karena pada saat itu masih terjadi kekacauan setelah perang dunia ke-2. Sedangkan sejarah intranet bermula karena kebutuhan suatu kelompok perusahaan atau kelompok lain akan informasi yang hanya bisa diakses dalam satu kelompok itu saja dan intranet memiliki system yang hampir sama dengan internet karena intranet merupakan turunan dari internet. (Baca juga teknologi lainnya: Macam-Macam Perangkat Lunak Pendukung Internet)

Mari Simak! Sejarah Internet Dan Intranet Di Dunia | tekno | 4.5