Aplikasi Perangkat Lunak Dan Jenisnya

perangkat-lunak-aplikasi-presentasiPerangkat lunak aplikasi – setiap komputer tentu tidak akan terlepas dari perangkat lunak atau sering disebut dengan software. Perangkat lunak atau software adalah sebuah bagian terpenting atau nyawa dari komputer itu sendiri. Komputer dapat menjalankan berbagai tugasnya dengan cepat dan akurat dengan bantuan sebuah software atau perangkat lunak. Perangkat lunak sendiri merupakan sekumpulan data elektronik yang sudah tersimpan dan diatur oleh komputer. Data-data tersebut nantinya akan dapat berjalan sesuai dengan perintah pengguna. Perangkat inilah yang digunakan untuk menerjemahkan perintah-perintah yang diberikan oleh pengguna.

Fungsi Dan Macam-Macam Perangkat Lunak

Sebelum membahas lebih jauh lagi, kita harus mengetahui fungsi dari perangkat lunak itu sendiri. Fungsi yang pertama adalah untuk melakukan pemrosesan data perintah sesuai dengan perintah pengguna itu sendiri. Tanpa sebuah software, maka ketika kita menginstruksikan segala hal pada komputer kita, komputer kita tidak akan meresponnya. Namun, lain halnya jika telah menanamkan sebuah software atau perangkat lunak ke dalam komputer kita. Kita dapat dengan mudah menginstruksikan beberapa perintah sesuai dengan yang kita inginkan. Selain itu, fungsi dari perangkat lunak ialah sebagai sarana penghubung yang menghubungkan pengguna komputer dengan hardware atau perangkat keras. Perangkat keras disini contohnya monitor, mouse, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui fungsi dari perangkat lunak, kini kita beralih ke macam-macam perangkat lunak. Seperti yang kita ketahui perangkat lunak aplikasi terbagi menjadi 3 macam atau 3 jenis. Jenis yang pertama adalah sistem operasi. Software sistem operasi merupakan software yang memiliki beragam fungsi. Fungsi yang pertama adalah sebagai pengatur semua perangkat keras komputer yang sudah terhubung dengan otak komputer atau CPU. Kemudian fungsi yang kedua adalah sebagai penerjemah semua aktivitas yang diperintah pengguna kepada CPU dan dari CPU kemudian akan mengerjakan sesuai dengan perintah pengguna. Dan terakhir fungsinya sebagai pengatur semua proses yang terjadi di dalam CPU. Sistem operasi juga sangat penting karena sebagai tempat atau platform untuk dapat menjalankan suatu software aplikasi. Sistem perangkat ini mendedikasikan perangkatnya untuk mengelola komputer. Salah satu sistem operasi yang terkenal adalah microsoft. Microsoft sendiri sudah banyak meluncurkan produk-produk andalannya seperti windows 98, windows 2000, xp, vista, windows 7, windows 8 dan lain sebagainya.

Jenis perangkat lunak yang kedua adalah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah bahasa yang dimengerti oleh mesin. Bahasa ini diciptakan secara khusus oleh sebuah program itu sendiri. Bahasa pemograman yang dikenal komputer sangat beragam seperti bahasa C, C++, visual basic, borland, HTML, PHP, JAVA, dan masih banyak lagi.

Kemudian perangkat lunak yang terakhir adalah program aplikasi. Program aplikasi adalah sebuah perangkat lunak atau sering disebut dengan software yang memiliki fungsi khusus sesuai dengan tujuan pembuatannya. Program ini sangat penting bagi sebuah komputer karena dengan beberapa program aplikasi ini kita dapat terbantu. Program aplikasi yang kerap menjadi favorit seperti microsoft word, winamp, microsoft excel, power point, calculator, dan lain sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut memungkinkan anda menyelesaikan pekerjaan anda lebih efisien dan efektif. Pekerjaan seperti membuat dokumen, spreadsheet, database, publikasi, membuat grafik, mengirim email, menjalankan bisnis dan lain sebagainya dapat anda selesaikan dengan cepat dan akurat.

Demikian beberapa informasi mengenai perangkat lunak aplikasi yang perlu anda ketahui dan juga anda pahami sehingga anda dapat membedakan antara sebuah sistem dengan perangkat lunak lainnya. Semoga informasi ini dapat membantu. (Baca juga: Baca Mas bro! Membuat Program Android Secara Gratis)

Harga dan Spesifikasi HP Terbaru:

  • menentukan aplikasi perangkat lunak
Aplikasi Perangkat Lunak Dan Jenisnya | tekno | 4.5